Berita

Besok, Jokowi Buka Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Banjar

Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu 27 Februari 2019. Panitia sudah mendapat kepastian soal rencana kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Sampai hari ini, Presiden positif hadir. Mudah-mudahan tidak halangan apapun dan acara berjalan lancar. Dan, harapan kami, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menutup kegiatan ini,” kata Ketua PBNU, Robikin Emhas di lokasi, Selasa 26 Februari 2019.

Robikin menjelaskan, Munas-Konbes NU diikuti perwakilan Pengurus Wilayah NU (PWNU) dari 34 provinsi, lembaga, dan badan otonom NU di tingkat pusat, serta para kiai dari berbagai pesantren.

“Forum yang digelar hingga 1 Maret 2019 ini, mengangkat tema Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Munas dan Konbes, Eman Suryaman menambahkan, kegiatan tersebut akan membahas beragam persoalan keumatan, mulai sampah plastik, pajak perusahaan daring (online), kekerasan seksual, perusahaan air dalam kemasan yang menyebabkan kekeringan, hingga konsep Islam Nusantara.

Eman menjelaskan, para ulama akan mengemukakan pendapat-pendapatnya untuk menjawab pertanyaan bagaimana hukum membuang sampah plastik yang menyebabkan terganggunya sistem di muka bumi ini. Bagaimana pula, hukum perusahaan yang memproduksinya?

“Para ulama akan membahas itu berdasarkan teks-teks kitab klasik yang selama ini diajarkan di pesantren-pesantren,” katanya. (asp)

sumber : Viva.co.id

Apa komentar anda?
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top