BERITA  

Bansos Tahap 2 Sedang Disiapkan, Pemkab Pangandaran Gandeng Bulog

Foto : Ilustrasi/net

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Bantuan jaring pengaman sosial (JPS) bagi  warga terdampak pandemi Covid-19 untuk tahap dua sedang disiapkan dan akan didistribusikan menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah nanti. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Pangandaran.

“Kita rencanakan JPS tahap 2 akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 pada H-5 hati raya Idul Fitri besok,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Kata Jeje, bantuan sosial untuk tahap 2 tersebut kini sedang dipersiapkan baik data penerima bantuan, teknis pendistribusiannya, kualitas sembako dan yang lainnya.

“Kita ingin penyaluran bantuan sosial untuk tahap 2 ini ingin lebih baik dari sebelumnya,” harap Jeje.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Wawan Kustaman membenarkan, bahwa saat ini bantuan Jaring Pengaman Sosial tahap 2 sedang dipersiapkan.

Menurut Wawan, berdasarkan arahan dari hasil rapat dengan beberapa SKPD terkait, penyaluran bantuan sosial akan menggunakan Bulog dengan sasaran sesuai kriteria awal.

“Hanya untuk jumlah penerimanya akan lebih sedikit berkurang, karena ada beberapa kepala keluarga yang BPKS dan non BPKS yang telah menerima bantuan dari pusat dan provinsi,” ujar Wawan.

Baca juga:  Varian Baru Covid-19 Kembali Ditemukan, Diduga Lebih Ganas

Namun kata Wawan, untuk jumlah penerima untuk bantuan sosial tahap 2 belum fik, karena bantuan dari pusat dan provinsi juga belum turun semuanya.

“Jadi kita tidak mau berspekulasi. Nanti kalau semua bantuan dari Pemprov dan Pusat sudah selesai maka angka untuk jumlah penerima bansos akan muncul. Secara angka kasarnya, ya dikisaran 80 sampai 90 ribu KK,” paparnya.

Wawan juga menyampaikan untuk komunikasi dengan Bulog sudah dilakukan.

“Tinggal pematangan saja. Saya percaya dengan Bulog untuk kualitas sembakonya yang bagus, karena Bulog memiliki standar kualitas. Untuk nilai bansos tetap diangka Rp 150.000 per KK,” ujarnya.