Atalia Praratya: Peretas Akun Instagram Zara Gagal Peras 1.000 USD
Atalia Praratya: Peretas Akun Instagram Zara Gagal Peras 1.000 USD

Atalia Praratya: Peretas Akun Instagram Zara Gagal Peras 1.000 USD

Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan peretas akun Instagram putrinya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara meminta uang 1.000 USD atau sekitar Rp 14,8 juta agar kembali. Peretas atau hacker itu memintanya melalui siaran langsung di akun Instagram Zara yang diretasnya kemarin.

“Setelah tampil di IG live dan minta uang pengganti USD 1.000 ke mana-mana, alhamdulillah akun teteh Zara bisa kembali. Tanpa keluar uang sepeser pun. Horee alhamadulillah,” tulisnya pada unggahan foto dan video di media sosialnya, Rabu, 22 Juni 2022.

Atalia pun berterima kasih kepada timnya yang sudah berupaya keras membuat akun putrinya kembali. Mereka ramai-ramai menyerang peretas saat siaran langsung dan melaporkan ke manajemen Instagram.

“Hatur nuhun untuk tim cetar dan semua pihak yang membantu kembalinya akun Zara. Love uuuu,” tulisnya seraya mengajak para pengikut lama Zara yang sudah meng-unfollow agar mengikuti akun putrinya lagi. Ia juga mengingatkan banyak yang mengkloning akun Zara.

Adapun Zara, sudah memperbarui foto profilnya setelah kembali padanya. Foto yang semula saat ia berboncengan dengan mendiang kakaknya, Emmeril Kahn Mumtadz, kemudian diganti profil peretas yang bertopeng, kini berganti dengan fotonya bersama Eril saat kecil. Pada kalimat di bawah foto profil, ia menuliskan, “Akunku baru kembali.”

Ketika masih diretas, hacker memberikan keterangan dalam Bahasa Turki, “Itaat etmeyen, itteb beter olur,” tulis akun yang beralih nama jadi @xlezard itu. Jika dilihat dari terjemahan kalimat itu berarti, “Orang yang tidak taat lebih buruk dari seekor anjing.”

Instagram Zara menyimpan kenangan dengan mendiang kakaknya, Eril yang meninggal pada 26 Mei 2022. Tiga hari lalu, atau sehari sebelum diretas, Zara mengunggah lima foto kenangannya bersama sang kakak yang berbeda lima tahun dengannya. “Kami berdua seperti dua kacang polong yang tidak terpisahkan. Meski berbeda lima tahun, kami saling terhubung satu sama lain,” tulisnya.

Zara, yang mewarisi wajah Atalia Praratyabak anak kembar ini menuliskan, ia dan Eril tumbuh dan berbagi rasa bersama. Mereka saling memberi saran. Misalnya, Eril akan bertanya kepada adiknya bagaimana bajunya hari itu dan penampilannya saat itu. Eril, ditulisnya selalu menjajakannya makanan jalanan meski sudah berpenghasilan sendiri. Banyak kenangan lain yang diunggahnya, seperti ketika ia mengunggah foto memeluk peti jenazah kakaknya dalam perjalanan ke makam, yang diunggah ulang Atalia. Tak mengherankan, akun Instagram Zara amat berarti bagi gadis 17 tahun itu.