Anies Sebut Akan Hormati Keputusan Rakyat pada Pemilu: Saya Demokrat Sejati

Anies Sebut Akan Hormati Keputusan Rakyat pada Pemilu: Saya Demokrat Sejati

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, menyatakan akan menghormati hasil pemilihan raya 2024 jikalau hasilnya dimunculkan dari aspirasi rakyat. Menurut Anies, sikap yang dimaksud adalah bagian dari prinsip yang tersebut dipegangnya sebagai seseorang demokrat atau orang yang mana mempercayai nilai-nilai demokrasi.

“Kami ingin tegaskan saya adalah demokrat sejati, kami akan menghormati hasil yang digunakan dimunculkan dari aspirasi rakyat akibat itu adalah kemauan rakyat. Jadi kita harus menghormati kemauan rakyat, kita harus menghargai tindakan rakyat,” kata Anies di dalam Markas Timnas Amin pada Rabu malam, 14 Februari 2024.

Anies menyampaikan hal yang dimaksud pasca hasil hitung cepat atau quick count beberapa lembaga survei menunjukkan keunggulan pasangan calon Prabowo-Gibran. Dalam hasil hitung cepat tersebut, Prabowo-Gibran berhasil meraih lebih lanjut dari 50 persen suara.

Menurut Anies, ia akan memberi kewenangan total terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pengurus pemilihan raya untuk menuntaskan tugasnya, yaitu menuntaskan proses penghitungan. “Kita semua akan hormati hargai serta taati. Itu bagian dari prinsip kita berdemokrasi,” ucap Anies.

Baca juga:  Dukung Pemilihan Umum Damai kemudian Lancar, Mahasiswa Waspadai Intervensi Mancanegara

Terlepas dari hasil penghitungan suara, Anies menyatakan akan tetap memperlihatkan memperjuangkan inovasi dalam Indonesia. “Saya ingin komunikasikan terhadap seluruh pejuang inovasi bahwa saya akan terus berada di dalam pada pergerakan inovasi ini juga tiada akan bergeser sedikitpun,” kata dia.

Tetap teruskan aksi perubahan

Anies berujar beliau masih ingin meneruskan aksi inovasi yang dimaksud selama ini beliau usung. Pasalnya, kata dia, masih sejumlah aspek pada keberadaan rakyat Indonesia yang tersebut harus diperbaiki, seperti ketimpangan dan juga demokrasi.

Anies pun menyatakan pembaharuan sebagai suatu keniscayaan. Maka dari itu, ia akan terus bekerja untuk mewujudkan hal tersebut. “Makanya tadi saya komunikasikan perihal komitmen, mari kita terus berjuang bersama. Jangan khawatir, saya bukan akan bergeser kanan-kiri, kita terus pada pergerakan inovasi ini,” ucap Anies.

Selain itu, Anies bersyukur dikarenakan merasa aksi pembaharuan telah dilakukan menyebabkan nuansa baru dalam pada kegiatan kampanye di area Indonesia. “Kita ingin merancang demokrasi dalam Indonesia menjadi demokrasi yang makin menjunjung tinggi adab, yang dimaksud menjunjung tinggi etika, demokrasi yang mana memberikan ruang yang digunakan terhormat bagi gagasan, ide, dialog, kemudian itu juga yang mana kami kerjakan selama ini,” kata dia.

Baca juga:  Unggah Foto Telur Asin, Anies Ledek Ketua DPRD DKI?

Anies mengungkapkan dirinya takjub dengan kerja-kerja para sukarelawan serta pendukungnya selama beberapa bulan terakhir. Anies mengklaim dapat mengamati arti kerelawanan yang dimaksud pada arti sesungguhnya, yaitu serba swakarsa, swadana, juga swakarya.

Menurut Anies, kerja-kerja yang dimaksud bukan sia-sia juga melampaui sekedar berkampanye saja. “Dan ini mewarnai betul, lalu dialog, kampanyenya berisi tentang gagasan bagaimana Indonesia ke depan, bagaimana demokrasi ke depan, jadi kita mengawasi ini tambahan besar daripada itu, daripada perihal pemilihan saja, atau kampanye saja,

Anies pun memberi instruksi terhadap para pendukungnya untuk terus berjuang. “Terus kita berjuang, perjuangan kita belum selesai, perjuangan kita masih panjang, sebab itu kita meninjau ini melampaui sekedar kampanye saja, jadi kita bersiap untuk meneruskan perjuangan ini,” ucap Anies.

Pilihan Editor: Menang Versi Quick Count, TKN Prabowo-Gibran Tetap Minta Rekapitulasi Suara Dikawal Ketat

Sumber Tempo