Mobil  

Alasan Mobil Baru Tidak Memiliki Hand Grip di Bagian Pengemudi

momobil.id – Bergandengan tangan atau genggaman biasanya ditemukan di dalam kendaraan roda empat. jabat tangan terletak di atap, tepat di atas setiap pintu mobil. Namun, mobil baru saat ini tidak memiliki genggaman di pintu pengemudi. Jadi mengapa ini?

Fungsi jabat tangan

jabat tangan atau pegangan tangan bukan hanya sebagai hiasan. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat membantu dalam keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Saat bermanuver, mobil menghasilkan gaya sentrifugal dan dapat mengubah posisi penumpang yang duduk. jabat tangan dapat membantu merubah posisi kursi penumpang, sehingga lebih stabil.

Selain itu, ada genggaman itu juga mampu memfasilitasi akses penumpang ke kabin. Beberapa orang, terutama lansia dan penyandang cacat, kesulitan masuk ke dalam mobil karena lantainya yang cukup tinggi. jabat tangan Bisa menjadi tumpuan penumpang, memudahkan keluar masuk kabin.

Ada genggaman Bisa juga digunakan untuk menggantung wewangian atau pakaian di dalam mobil. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan genggaman Menggantung barang hanya dilakukan saat mobil tidak membawa penumpang.

Baca juga:  10 Potret Modifikasi Bodi Mobil yang Konsepnya Kelewat Keren, Dijamin Bikin Mikir Keras

Baca juga: Mengapa lampu rem berwarna merah? Ternyata ini alasannya

Mengapa jabat tangan Bagian driver dilepas?

Saat ini, sebagian besar mobil baru tidak memilikinya genggaman. Terutama di baris pertama dengan posisi pengemudi di sebelah kanan. Menurut Ryan Ferdiean Tirto as perencanaan produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM), hilang genggaman di pihak pengemudi bukan tanpa alasan. Hal ini terkait dengan keselamatan pengemudi dan penumpang.

“Sebenarnya dari segi regulasi memang tidak ada (keberadaan genggaman), tapi itu (genggaman) tidak diinstal karena keamanan”, kata Ryan dikutip dari news.olx.co.id.

Beberapa pengemudi mengendarai mobil sambil memegang genggaman. Tentunya hal ini cukup berbahaya, karena di jalan raya dapat terjadi resiko kecelakaan. Jika ada tangan yang memegang genggamanmaka pengemudi akan kesulitan memutar setir.

Saat bermanuver, tangan pengemudi harus memegang setir. Tangan pengemudi harus sigap dan cepat mengendalikan setir. Karena itu, genggaman dilepas agar pengemudi tidak terbiasa memegang komponen tersebut.