7 Rekomendasi Browser Paling Ringan untuk Digunakan di Android

Bagi mereka yang memiliki HP Android lawas, browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge dapat dengan mudah mengganggu performa keseluruhan. Browser-browser tersebut merupakan browser unggulan yang mengonsumsi lebih banyak penyimpanan, kinerja dan memori/RAM, sehingga dapat membuat HP lawas menjadi sangat lemot.

Untungnya, masih ada alternatif browser lainnya yang sangat ringan, baik dari segi ukuran maupun konsumsi kinerja. Berikut daftarnya.

1. Via Browser

Salah satu nilai jual utama Via Browser adalah kesederhanaan. Karena punya ukuran sekitar 2MB saja, browser yang satu ini jadi tidak memiliki banyak fitur canggih atau beragam opsi kustomisasi. Meskipun begitu, browser ini tetap memungkinkan pengguna untuk mengubah gaya dan gambar background di homepage dan mengganti logo browser. Selain Incognito Mode, Via Browser juga memiliki fitur di mana riwayat browsing akan secara otomatis terhapus setelah pengguna keluar dari aplikasi.

2. Orions

Orions merupakan salah satu browser ringan terbaik, yang sebelumnya dikenal sebagai Monument Browser. Browser ini ringan, aman dan intuitif, karena dirancang sesempurna mungkin untuk memberikan pengalaman terbaik dalam menjelajah internet. Untuk fitur, Orions tidak dapat diremehkan karena browser ini menyediakan sejumlah fitur seperti mode malam, mode baca yang bakal mengubah font dan dukungan untuk mendengarkan artikel. Jika mau, pengguna juga bisa menyimpan screenshot dari sebuah situs ke dalam bentuk PDF.

Baca juga:  Tips Terhindar dari Aplikasi Berbahaya di Android

3. Phoenix Browser

Phoenix Browser menjadi salah satu browser ringan yang direkomendasikan, karena browser ini menghadirkan fitur manajer download bawaan untuk mengunduh video online dan dukungan untuk memutarnya tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Di samping fitur-fitur yang berkaitan dengan browsing, Phoenix Browser juga memiliki fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah Private Space yang bakal menyimpan riwayat browsing dan video yang terunduh di database terpisah, sehingga pengguna lain tidak dapat melihatnya.

4. Hermit

Hermit merupakan browser yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan “aplikasi lite” dari situs yang sering pengguna kunjungi. Browser ini bahkan telah menyediakan segudang “aplikasi lite” siap pakai, lengkap dengan pengaturan pra-konfigurasi. Pengguna juga bisa mengkustomisasi tiap “aplikasi lite” sesuai dengan preferensi pengguna, termasuk mengganti tema, memilih mode (desktop atau mobile) dan memblokir gambar. Sama seperti Orions, Hermit juga telah mendukung mode malam dan mode baca.

5. Opera Mini

Opera Mini merupakan browser ringan yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi minim. Browser ini hadir dengan Incognito Mode, fitur “smart download”, mode malam, kemampuan untuk mengganti search engine, sinkronisasi data antar perangkat dan banyak lagi. Opera Mini juga memiliki fitur Data Savings yang memungkinkan pengguna untuk memiliki mode kompresi Extreme atau High, di samping melihat berapa banyak kuota yang telah dihemat dalam satu minggu. Browser ini sangat direkomendasikan.

Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang yang Terpercaya 2022

6. Google Go

Dirancang untuk HP-HP yang dibekali dengan sistem operasi Android Go, Google Go merupakan browser yang memprioritaskan kecepatan dan efisiensi sembari tetap nampak berkelas. Dengan lebih dari satu miliar unduhan di Play Store, Google Go menjadi salah satu browser kompeten dengan sejumlah fitur menarik. Beberapa layanan Google lainnya seperti Translate dan Lens bahkan telah terpasang di browser ini untuk akses cepat. Selain itu, ada pula fitur untuk menambah bahasa kedua dan mengganti wallpaper background.

7. Aloha Browser Lite

Aloha Browser Lite merupakan browser ringan berbasis WebKit, yang menggunakan akselerasi hardware untuk mempercepat proses loading laman sebuah situs. Browser ini juga menyediakan VPN, di samping ad-blocker bawaan dan proteksi terhadap trackers. Tidak hanya itu, ada pula fitur media player untuk memutar video yang telah diunduh secara langsung. Kerennya lagi, browser ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat folder pribadi untuk menyimpan video, lagu atau gambar, dan menguncinya dengan password.