SEPUTARPANGANDARAN.COM – Sebanyak 50 petugas dikerahkan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Pangandaran, bertempat di gedung Islamic Center Pangandaran, Kamis (19/11/2020).

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin menyampaikan untuk mengamankan surat suara ke tempat penyortiran dan pelipatan, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polres Ciamis dan Satpol PP Kabupaten Pangandaran.

“Jumlah surat suara yang kami siapkan total sebanyak 328.400 lembar ditambah 2.000 lembar untuk persiapan seandainya terjadi PSU (pemungutan suara ulang),” kata Muhtadin.

Pelaksanaan pelipatan kertas suara Pilkada Pangandaran ditargetkan selesai dalam 4 hari. “Target 4 hari selesai, karena jumlah pasangan calonnya ada dua, jadi ukuran kertas suaranya pun relatif kecil. Petugas pelipat hanya melakukan dua kali lipatan,” kata Muhtadin.

Setiap petugas pelipat suara ini mendapatkan honor Rp 100 untuk setiap lembar kertas suara. Selain bertugas melipat kertas suara, mereka juga ditugaskan untuk menyortir kondisi surat suara yang baru dikirim oleh pihak percetakan.

Baca juga:  Jasad Korban Tenggelam di Pantai Pamugaran Pangandaran Ditemukan

“Selain melipat, petugas pelipat juga diwajibkan memeriksa kondisi surat suara. Jika ada yang terdapat noda apalagi dalam kondisi sobek, harus dipisahkan,” kata Muhtadin.

Lebih lanjut Muhtadin juga memaparkan kesiapan kebutuhan logistik lain seperti kotak suara, tinta dan lainnya sudah siap. Saat ini sudah berada di gudang logistik dan menunggu waktu distribusi.

“Kotak suara masih menggunakan kotak suara yang sebelumnya, yang berbahan karton. Semua sudah siap, disimpan di gudang logistik dan dijaga aparat keamanan,” papar Muhtadin.

Selain logistik yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan suara, KPU juga menyiapkan logistik yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kebutuhan APD untuk penerapan protokol kesehatan juga sudah siap. Sudah tak ada masalah,” kata Muhtadin.*