5 Cara Bisnis Tanpa Modal yang Harus Kamu Coba
5 Cara Bisnis Tanpa Modal yang Harus Kamu Coba

5 Cara Bisnis Tanpa Modal yang Harus Kamu Coba Sekarang

Mungkin banyak di antara kita yang ingin memulai bisnis, tetapi tidak tahu harus memulainya dari mana. Atau malah sudah mengantongi sejumlah ilmunya, tetapi modalnya pas-pasan atau justru malah tidak memiliki modal sama sekali.

Ketika melihat teman yang lain sudah mulai berhasil dengan bisnisnya, kamu menjadi semakin tertarik untuk mencobanya untuk menambah uang saku maupun uang tabungan.

Kalau kamu lagi ada di fase ini, coba terapkan 5 tips ini yuk!

1. Jual produk digital

Bisnis kecil-kecilanmu bisa dimulai dengan menjual produk digital, seperti: e-book, polaroid, design, dan beragam jasa lainnya. Jenis bisnis ini tentu tidak membutuhkan modal dan hanya mengandalkan keahlian yang sudah kamu miliki.

Saat ini, banyak orang yang sibuk atau malas, sehingga cenderung mencari jalan pintas dengan memanfaatkan jasa yang ditawarkan orang lain.

Sebagian mereka juga tidak memiliki keahlian di bidang tertentu untuk membuat produk yang diinginkannya. Sehingga, di sinilah jasamu sangat dibutuhkan. Mulai dari jasa editing, copywriting, layouting, ghost writer, membuat website, dll.

2. Menjadi Dropshipper

Bisnis kedua yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper. Selain tidak butuh modal, menjadi dropshipper juga tidak memerlukan toko dan etalase.

Kamu hanya perlu menampilkan gambar/video dari supplier pada calon konsumenmu. Kemudian, ketika ada pesanan, suplier akan mengirim barang ke konsumen atas namamu. Sangat praktis, bukan?

3. Menjadi Affiliate Marketer

Selanjutnya adalah menjadi affiliate marketer. Mempromosikan barang milik orang lain juga tak kalah menarik untuk dicoba. Ketika ada yang membeli barang yang kamu promosikan, kamu akan mendapat komisi.

4. Menjadi Influencer atau Youtuber

Influencer atau YouTuber kini bisa menjadi salah satu profesi yang banyak dilirik di era digital yang semakin berkembang pesat ini.

Kamu bisa mendapat komisi dari barang yang kamu promosikan di sosial media atau dari iklan yang muncul di akun YouTube-mu. Profesi ini cocok banget deh buat kamu yang suka bikin konten.

5. Menjual barang yang bisa dijual

Jika kamu memiliki barang yang sudah tidak terpakai dan masih bisa dijual, tidak ada salahnya, lo, untuk dijual lagi. Saat ini, barang bekas dengan kualitas bagus dan harga miring juga masih diminati bagi sebagian orang, lo. Cobain yuk!

Di antara ke-5 tips ini, yang mana yang ingin kamu coba sekarang? Kalau bukan sekarang, lalu kapan? Jangan tunda lagi suksesmu! Semoga tips-tips ini bisa membantu ya.

Sumber: Suara.com