4 Olimpiade yang Diakhiri Eko Yuli Irawan dengan Raihan Medali, Nomor 1 Paling Luar Biasa! : Okezone Sports

TERDAPAT 4 Olimpiade yang diakhiri Eko Yuli Irawan dengan raihan medali akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, Eko Yuli adalah salah satu atlet terbaik Indonesia di cabang olahraga (cabor) angkat besi.

Kehebatannya itu telah membuat Eko Yuli meraih banyak prestasi, termasuk merebut empat medali di empat edisi Olimpiade berbeda. Perolehan empat medali tersebut lantas menjadikan Ek Yuli menjadi atlet Indonesia dengan raihan medali terbanyak di Olimpiade.

Lantas Olimpiade mana saja yang diikuti oleh Eko Yuli hingga membuatnya berhasil membawa pulang medali?

Berikut 4 Olimpiade yang Diakhiri Eko Yuli Irawan dengan Raihan Medali:

4. Olimpiade Beijing 2008

Eko Yuli Irawan

Olimpiede Beijing 2008 merupakan ajang Olimpiade pertama Eko Yuli di pesta olahraga multievent terbesar di dunia tersebut. Menariknya, pada debutnya di turnamen Olimpiade tersebut, Eko Yuli langsung berhasil mempersembahkan medali untuk Indonesia.

Turun di nomor 56kg putra, Eko Yuli berhasil mengukir total 288kg, dengan rincian 130kg snatch dan 158kg clean & jerk. Pada momen tersebut Eko Yuli kalah dari Hoang Anh Tuan (Vietnam) yang meraih medali perak dan Long Qingcquan (China) dengan medali emasnya.

Baca juga:  PSIS Istirahatkan Nomor Punggung 9 dan 22

3. Olimpiade London 2012

Eko Yuli Irawan

Setelah tampil di Beijing, Eko Yuli kembali memiliki kesempatan tampil di Olimpiade London 2012. Kali ini Eko Yuli beraksi di nomor berbeda, yakni 62kg putra.

Dengan tampil di nomor berbeda, Eko Yuli pun berhasil meningkatkan total angkatan bila dibandingkan pada edisi Beijing empat tahun lalu. Tepatnya Eko Yuli sukses membukukan total angkatan 317kg, dengan rincian 145kg snatch dan 172kg clean & jerk.

Meski mengalami peningkatan total angkatan, Eko Yuli tetap hanya bisa membawa pulang medali perunggu. Ia kalah dari lifter Oscar Figueroa (Kolombia) yang meraih perak dan Kim Un-guk (Korea Utara) denga medali emas.


Follow Berita Okezone di Google News


2. Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Baca juga:  Profil Liliyana Natsir, Legenda Pebulu Tangkis Indonesia yang Paling Sukses di Ajang Olimpiade : Okezone Sports

Eko Yuli Irawan

Masih bermain di nomor 62kg, Eko Yuli mencoba berjuang kembali empat tahun setelahnya, yakni di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Beraksi di Brasil, Eko Yuli pun berhasil meraih medali perak pertamanya di ajang Olimpiade.

Menariknya, total angkatan Eko Yuli hanya 312kg, alias lebih kecil dari apa yang ia lakukan di London empat tahun lalu. Eko Yuli mencatatkan itu dari percobaan pertamanya saja karena setelah itu ia selalu gagal.

Akan tetapi, 312kg ternyata sudah cukup untuk membuat Eko Yuli meraih medali perak. Ia hanya kalah dari Oscar Figueroa yang berhasil melakukan total angkatan 318kg.

1. Olimpiade Tokyo 2020

Eko Yuli Irawan

Adanya pandemi virus Covid-19 berdampak pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Sebab pesta olahraga tersebut diundur hingga 23 Juli-8 Agustus 2021.

Meski sempat terhambat, para atlet tetap berjuang agar bisa meraih hasil maksimal di Olimpiade edisi ke-32 tersebut. Termasuk di antaranya Eko Yuli.

Dalam Olimpiade Tokyo 2020, Eko Yuli sukses mempersembahkan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Eko berhasil menyelesaikan total angkatan 302 kg di Tokyo International Forum Hall, Jepang, Minggu 26 Juli 2021.

Dengan medali perak itu, Eko Yuli mencatatkan sejarah sebagai atlet Indonesia yang empat kali meraih medali di ajang Olimpiade. Eko Yuli juga mencatat sejarah satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali pada empat penampilan beruntun di Olimpiade.

Baca juga:  Lebih Dekat dengan Paula Milla, Putri Luis Milla yang Pernah Digosipkan Dekat dengan Febri Hariyadi

Pada edisi itu, Eko Yuli bermain di nomor 61kg putra. Ia pun sukses melakukan total angkatan 302kg dengan rincian 137kg snatch dan 165kg clean & jerk. Eko Yuli kalah dari Li Fabin (China) yang sukses meraih medali emas dengan total angkatan 313kg.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.