4 Jenis Lensa Kamera Wajib Dimiliki Pemula

SEBAGIAN orang mungkin sibuk mempertimbangkan model kamera dibandingkan jenis lensa yang dibutuhkan untuk memotret. Bukan berarti bodi kamera tidak penting, tapi kebanyakan orang memilih berinvestasi di lensa ketimbang kamera itu sendiri.

Jenis-jenis lensa pun beragam. Mulai dari lensa Fix untuk menampilkan detail lebih dekat atau emosional sampai lensa Zoom untuk memotret objek yang jauh. Melansir laman Bwillcreativecom, berikut beberapa jenis lensa yang wajib dimiliki pemula.

Baca juga:

Kacamata 3D Merah-Biru, Pelengkap Nonton Masa Kecil 90-an

1. Lensa Kit

5 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya untuk Bikin Film di Rumah
Lensa bawaan setiap kamu membeli kamera. (Foto: Unsplash/Zarak Khan)

Lensa kit adalah lensa standar yang biasanya kamu dapat saat membeli bodi kamera dan memiliki focal length 18-55mm. Artinya, kamu bisa mengambil sisi wide di 18mm dan sisi telephoto di 55mm.

Material lensa ini pun tidak terlalu mahal dan bobotnya sekitar 210 gram dengan ukuran panjang maksimal 6 cm. Lensa kit juga punya variable apertures, yakni bukaan diafragma akan berubah sesuai dengan seberapa jauh zoom digunakan.

Meski gambarnya tidak setajam lensa mahal lainnya, lensa kit bisa jadi pintu masuk buat kamu yang ingin belajar dan memaksimalkan penggunaan lensa. Beberapa jenis kamera biasanya langsung menyertakan lensa kit dalam pembelian seperti Canon EOS 800D, Canon EOS 100D, Nikon D3500, Panasonic Lumix GF9, hingga Olympus PEN E-PL9.

Baca juga:  Rp. 9 juta sudah bisa mendapatkan berbagai jenis alat perawatan mobil Milwaukee

2. Lensa Telephoto

Lensa telephoto adalah lensa yang berfungsi mengambil gambar jarak jauh. Biasanya fokus lensa sebesar 70mm sampai 1.700mm tergantung pada penggunaan.

Semakin panjang sebuah lensa, sudutnya akan semakin sempit, tapi jangkauannya semakin jauh, dan depth of field yang dihasilkan semakin tipis. Lensa ini biasanya digunakan untuk memotret bintang, pertandingan olahraga, satwa liar yang sulit didekati, atau memotret candid.

3. Lensa Fix

Lensa fix atau prime lens adalah jenis lensa yang memiliki satu focal length, alias tidak memiliki kemampuan untuk di-zoom. Lensa ini juga memiliki diafragma yang cukup besar, seperti f/1.8, f/1.4, bahkan f/1.2. Semakin tinggi diafragmanya maka semakin tinggi pula harga lensa tersebut, dan semakin bokeh pula gambar yang dihasilkan.

Jarak fokal lensa ini pun beragam, mulai dari 50mm, 35mm, 45mm, 85mm, sampai 100mm. Lensa fix biasanya digunakan untuk memberikan sentuhan emosional pada setiap gambar atau adegan yang diambil.

Baca juga:

Budayakan Membersihkan Sampah Sendiri Setelah Nonton Bioskop

4. Lensa Wide/Ultra-Wide

5 Jenis Lensa Kamera dan Fungsinya untuk Bikin Film di Rumah
Bisa menampilkan luas objek. (Foto: Unsplash/Ashkan Forouzani)

Seperti namanya, lensa wide dan ultra-wide memiliki sudut pandang yang sangat luas. Dengan kata lain, lensa ini punya kemampuan untuk menyertakan lebih banyak objek ke dalam satu frame di scene yang sama dibandingkan lensa lainnya.

Baca juga:  Kadar Hemoglobin Kamu Rendah? Hindari Beberapa Jenis Makanan Ini!

Lensa wide memiliki jarak focal zoom 24mm sampai 70mm, sedangkan lensa ultra wide mulai dari 8mm sampai 24mm.

Lensa ini sangat cocok buat kamu yang suka travelling dan landscape photography, atau syuting di tempat-tempat indah. Lensa wide dan ultra-wide akan menampilkan semua keindahan dari berbagai sudut dan menangkap cahaya dari kedua sisi. (and)

Baca juga:

Cara Jitu Biar Anak Enggak Rewel Saat Nonton Bioskop



Source link