SEPUTARPANGANDARAN.COM – Sebanyak 20 santri dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur mudik ke kampung halamannya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Kendaraan bus pembawa 20 orang santri tersebut tiba pada Rabu,(1/4/2020) pukul 09.30 WIB dan disambut oleh Kapolsek Pangandaran, Danramil 1320/Pangandaran, Camat Pangandaran, Sekretaris Satpol PP dan Kepala Desa Pananjung di lapangan Merdeka.

Sebelum para orangtua menjemput ke 20 santri, petugas kesehatan melakukan screening dan mendata para santri satu persatu sambil keluar dari bus.

Camat Pangandaran Yadi mengatakan, ke 20 santri tersebut merupakan warga Dusun Bojongjati Desa Pananjung Pangandaran yang mesantren di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur.

“Sekarang mereka pulang dan tetap kami terima tetapi harus menjalani screening kesehatan dulu, dan dihimbau untuk tidak keluar rumah selama 14 hari,” kata Yadi, 1 April 2020.

Yadi menyampaikan, apabila dirasakan ada gejala atau mengalami gangguan kesehatan, segera menghubungi aparat desa atau petugas Puskesmas.

“Nanti tim medis yang akan mendatangi ke rumah untuk melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Atlet Pangandaran Berhak Perkuat Jabar di Kejurnas Polo Air U 18

Menurut keterangan dari petugas medis, Erna, berdasarkan hasil screening terhadap 20 orang santri dan supir serta kernet bus rata-rata menunjukkan diangka suhu 36 derajat celsius.

Sebelum dipulangkan, ke 20 orang santri diajak oleh Danramil 1320/ Pangandaran dan Kapolsek Pangandaran untuk berjemur selama 15 menit sambil melakukan gerakan badan atau olahraga.

Sementara menurut salah satu sabtri, Fatih Gunanjar (15) asal Dusun Bojongjati, Desa Pananjung Pangandaran, dirinya sudah dua tahun tidak pulang ke Pangandaran.

“Alhamdulillah seluruh santri yang ada di pondok pesantren tidak ada yang terkena virus corona,” pungkasnya. (*)